Oleh: manajemenbencana | November 14, 2007

Angin Puting Beliung Terjang Klaten

Suaramerdeka CyberNews, Klaten – Angin puting beliung terus menerjang wilayah Kabupaten Klaten dalam tiga hari terakhir.Setelah Kecamatan Prambanan, Jogonalan,Wedi, Bayat dan Kalikotes, Selasa ( 13/11) angin kembali mengamuk di beberapa wilayah. Diantaranya di Kecamatan Trucuk, Ngawen, dan Karangdowo. Bahkan Kecamatan Klaten Utara yang ada di wilayah kota juga diterjang. A

ngin disertai hujan deras terjadi pukul 15.30. Angin bergerak dari arah utara dan terus berputar. Di Wilayah Kecamatan Ngawen dua desa yakni Desa Mayungan dan Belangwetan angin menumbangkan pohon-pohon.

Di Desa Mayungan, rumah Sukamto ( 50) rusak berat tertimpa pohon sawo yang ada di depan rumah . Selain itu banyak pohon tumbang di dekat persawahan dan jalan desa. ”Angin sangat kencang, genteng rumah banyak yang hilang dibawa angin,” ujar Mursidi, warga Desa Mayungan, Kecamatan Ngawen.

Di Desa Bramen, Kecamatan Klaten Utara rumah milik Joko Sugiyono ( 45) ambruk total setelah dihempas angin. Perabot rumah tangga rusak meski tidak ada korban jiwa. Di Jl Mayor Kusmanto, beberapa baliho besar roboh ke jalan sehingga mengganggu arus lalu lintas. Sebagian lainnya memutus kabel listrik dan jaringan telepon.

”Saya untungnya sudah lari sebelum rumah roboh. Kalau tidak bisa jadi tertimbun,” ujar Mursiyem ,istri Joko usai kejadian.

Dia mengatakan angin datang mendadak. Rumahnya yang di pinggir desa seperti diangkat putaran angin. Selain di dua wilayah itu, angin juga menumbangkan pohon besar di jalur kecamatan Trucuk. Di desa Mandong, Kecamatan Trucuk sebuah rumah ditimpa pohon sehingga rusak parah.

Di Kecamatan Karangdowo angin hanya merusak kahan dan menumbangkan pepohonan di jalan-jalan desa. Sebelumnya, Senin sore ( 12/11) hujan yang disertai angin puting beliung menerjang tiga wilayah Kecamatan di Kabupaten Klaten yakni Kecamatan Bayat, Kalikotes dan Wedi.

Empat rumah rusak berat akibat tertimpa pohon dan puluhan lainnya rusak ringan. Tiga rumah warga masing-masing rumah Bambang Widodo (45), Marto Tukimin (56) dan Girah (45) warga Desa Krakitan, Kecamatan Bayat rusak berat tertipma pohon tumbang.

Di Dusun Jeblog, Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes, rumah milik Dalimin ( 50) juga rusak berat tertimpa pohon. Di Kecamatan Wedi angin menumbangkan puluhan pohon di jalan.

Kepala Kantor Kesbanglinmas, Drs Eko Medi Sukasto mengatakan belum menerima laporan lengkap kejadian itu.”Semua masih dicek dan data belum dilaporkan,” ujar dia.( achmad hussain/Cn07 )


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: