Oleh: manajemenbencana | November 14, 2007

Daerah Perlu Beri Peringatan Dini

Sindo, Semarang – Berbagai daerah di Jateng yang masuk kategori rawan bencana baik banjir maupun tanah longsor diminta untuk menyiapkan sistem peringatan dini.Para kepala daerah diminta menyosialisasikan wilayah-wilayah rawan bencana di daerahnya untuk menghindari kemungkinan timbulnya banyak korban saat terjadi bencana.Sebab bencana bisa terjadi setiap saat.

“Kita kan tidak bisa memprediksi kapan bencana akan terjadinya.Makanya para kepala daerah kami minta menyiapkan sistem peringatan dini supaya tidak jatuh banyak korban,” terang Gubernur Jateng Ali Mufiz seusai rapat koordinasi intelejen di Kantor Gubernur, kemarin.

Gubernur menegaskan, pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap daerah-daerah rawan bencana.Sebab dari hasil pemetaan yang dilakukan, sebanyak 24 kabupaten/ kota di Jateng dinyatakan rawan banjir. Sementara 27 kabupaten dinyatakan rawan terjadinya tanah longsor.

“Pemprov juga sudah menyiapkan tiap-tiap Bakorlin untuk melakukan koordinasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana,” terangnya. Mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana, pemprov saat ini sedang berusaha menyatukan berbagai potensi yang ada di masyarakat. Lembaga- lembaga yang punya sumberdaya, akan diintegrasikan untuk membuat persiapan penanggulangan bencana yang lebih matang.

Dari hasil mapping yang telah dilakukan, 24 kabupaten/ kota di Jateng dinyatakan rawan banjir. “Hasil mapping itu sangat penting bagi pemprov untuk menentukan langkah penanganan yang akan dilakukan,” tegasnya.

Sementara, anggota Komisi D DPRD Jateng, Kamal Fauuzi meminta pemprov intensif menyosialisasikan daerah rawan bencana kepada masyarakat. Pemerintah juga diminta untuk menyiapkan perangkat evakuasi dan tanggap bencana di lokasi rawan bencana.

Bahkan jika diperlukan, warga masyarakat yang berada di daerah yang tingkat kerawanannya cukup tinggi, diminta supaya dievakuasi. “Dalam kondisi tertentu, Pemprov perlu melakukan evakuasi masyarakat yang berada di daerah yang rawan bencana, supaya tidak timbul banyak korban,” tegasnya. (khusnul huda) Rabu, 14/11/2007


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: