Oleh: manajemenbencana | November 15, 2007

Terendam Air, Petani Jagung Gagal Panen

Kulonprogo, Suaramerdeka CyberNews – Petani jagung Kulonprogo pasrah dan tak berharap banyak pada hasil tanamannya. Pasalnya, beberapa waktu lalu hujan deras mengguyur wilayah tersebut membuat ratusan hektar ladang jagung terendam air.

”Akibatnya pohon jadi layu kemudian kekuning-kuningan. Lihat saja daun-daun mulai rontok dan bakal buah juga membusuk,” ujar Nur, petani yang tinggal di Sentolo, Kamis (15/11).

Dia menunjukkan hamparan ladang di depan rumah yang sebenarnya ketika awal musim hujan lalu sudah mulai tumbuh subur dan segera berbuah. Sejauh mata memandang tampak hijau menyegarkan. Namun setelah beberapa hari hujan turun tanpa henti, membuat ladang terendam air. Pupus sudah asa Nur dan teman-temannya memanen jagung.

Kejadian seperti sekarang ini memang pernah terjadi beberapa tahun silam. Mereka tidak menduga kalau akan terulang kembali. Posisi ladang yang agak rendah dibanding selokan memang rawan tergenang. Namun apa daya, begitulah kondisinya.

Di Pengasih, kondisi serupa juga terlihat. Ratusan hektar ladang jagung terancam gagal panen alias puso. Ketinggian air waktu hujan deras belum lama ini mencapai 30 cm bahkan ada yang lebih di sejumlah tempat. Seperti pula di Sentolo, tanaman di sini juga lantas layu karena sehabis terendam air lantas panas menyengat.

Seorang petani dari Kelompok Tani Kemendung, Samidi mengaku pasrah karena itu memang kondisi alam. Akhir pekan lalu dan awal minggu ini hujan turun terus-menerus mengakibatkan genangan di mana-mana termasuk di ladang jagung. ”Air menjadi berlimpah menggenangi semua areal tanaman jagung. Sebenarnya sudah ada saluran air namun mungkin kondisi tanah yang kurang bagus mengakibatkan air tak bisa meresap,” papar dia.

Jagung milik dia dan petani lain saat ini menginjak umur dua bulan dan akan segera panen. Bakal buah sudah muncul dan tak lama lagi panen. Akibat gagal, petani menghitung kerugian bisa mencapai jutaan rupiah.
( agung priyo wicaksono/cn05 )


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: