About

Indonesia adalah negara dengan kekayaan alam di atas tanah dan di dalam laut, dengan 17.000 pulau dengan atau tanpa nama. Perubahan iklim dan cuaca menjalin cerita-cerita sedih yang tak kunjung selesai. Belajar dari kisah sedih ataupun cerita penyelamatan diri yang heroik, kita semua bisa lebih tegar dan cerdas menghadapi berbagai bencana.

Bencana itu sendiri terdiri dari 3 besaran:

  1. Bencana Alam: di saat manusia tidak lagi menganggap alam sebagai sahabat; di saat kasih sayang terhadap flora, fauna dan atmosfir tak lagi menjadi dasar hidup manusia, alam akan memberikan jawaban serupa.
  2. Bencana buatan manusia: kebakaran, banjir karena tinggal di bantaran sungai, hingga kecelakaan lalu lintas adalah bentuk lain kelalaian manusia terhadap diri dan sekelilingnya
  3. Bencana buatan manusia yang disengaja: terorisme (atau apapun istilah klaim Amerika Serikat) dan kecelakaan manusia untuk memuaskan keserakahan manusia lain merupakan bencana yang sungguh tidak bisa diampuni.

Apapun bentuk bencana yang melanda diri dan sekeliling kita, waspadalah dan bersikaplah lebih cerdas dari hari kemarin. Selalu ada waktu untuk memperbaiki. Selalu ada kesempatan untuk menghadapi masa depan yang lebih baik.

Salam.

Socio.Pathos Institute (Training and Consultation for Disaster Prevention and Relief)

socio.pathos at yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: